Jumat, 02 Desember 2011

MARI BERTAQWA


 “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”
Al Hasyr (59) : 18
Inti ayat di atas adalah, Allah memerintahkan kita supaya menjadi hamba yang bertaqwa kepadanya  dan menjadi hamba yang selalu mengevaluasi diri…
Apa sih taqwa itu ??
Taqwa itu adalah sifat yang selalu menjalani perintah-Nya dan selalu menjauhi larangan-Nya.
Nah kalo mau jadi orang yang bertaqwa, pahami dulu kata “TAQWA” itu sendiri…
Taqwa itu terdiri dari 4 huruf arab : Ta , Qaf, Wawu, dan Alif.



      Ta : TAWADHU
Artinya, rendah hati. Gak boleh sombong!!
Kalo kamu orang yang ‘berada’ jangan deh sombong sama orang dibawah kamu.
Jangan sampe cuma karena sombong, kamu jadi masuk neraka. Ihh sereemm…L
Hadist menyebutkan :
“ Barang siapa yang sombong, meskipun hanya setitik, ia tidak akan mencium bau surga !”

     Qaf : QANAAH
Artinya, merasa cukup. Selalu bersyukur atas rezeki yang Allah berikan. Meskipun itu sedikit. Kalo kamu dikasih uang jajan sedikit, yaudah merasa cukup dan bersyukur aja. Daripada nggak dikasih ?!  hehe :P

      Wawu : WARA
Artinya, menjauhi hal-hal yang diharamkan dan yang syubhat.
Syubhat itu adalah hal-hal yang belum jelas halal atau haramnya.
Misalnya, kamu lagi diluar negeri yang penduduknya minoritas Islam. Trus kamu liat ada makanan enak banget tuh. Kamu pengen beli, tapi kamu ragui mau beli apa ngga, kan belum terjamin tuh makanannya halal atau haram, nah mendingan tinggalin deh. Cari toko yang menjual makanan halal aja.
Nah kalo kamu udah beli tuh makanan, jangan lupa berdoa sebelum makan. Kalo ngga berdoa, awassss! Nanti setan ikut makan! Beneran lho!

Ada cerita tentang “Setan Gemuk dan Setan Kurus”.

Suatu hari ada 2 setan, yang satu gemuk, dan yang satu kurus. Saat mereka berpapasan, setan yang gemuk heran kenapa temannya ini kurus banget. Lalu si setan gemuk ini nanya,
“Eh kawan, kenapa kau kurus sekali ? lihat nih badanku gemuk, subur pula!” tanya si setan gemuk.
“ Hei, iyanih saya kurus karena saya tinggal di rumah seseorang yang kalo mau makan, dia berdoa dulu. Jadi, saya nggak bisa ikut makan, deh! Makanya saya kurus begini…” kata si setan kurus pasrah.
“Wahh, kalo ditempat tinggal saya, manusianya gak penah baca doa kalo mau makan, jadi saya bisa ikut makan bareng dia deh. Makanya saya gemuk nih! Haha”  balas si setan gemuk.
“Lah, kalo gitu saya cari orang yang nggak baca doa aja deh kalo dia mau makan. Biar saya bisa gemuk dan subur kaya kau! Daaaahh..”
Setan kurus pun pergi mencari orang yang tidak berdoa sebelum makan.

      Alif : IKHLAS
Ikhlas itu seperti orang buang air besar (maaf lo ya…). Dia tidak akan mengingat apa yang telah dikeluarkan dan tidak tahu kemana ‘larinya’ sesuatu itu.
Contuh lain, kita harus ikhlas kalo mau berbagi ilmu, jangan pelit, dan jangan mengharapkan imbalan dari orang yang telah kamu ajarin itu. 


“…dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)….”

Nah sebagi muslim yang beriman kepada hari akhir dan mempercayai bahwa akhirat itu ada, lebih baik persiapin deh bekal itu mulai dari sekarang!  Berbuat baik, bersifat terpuji, sayangi sesama makhluk Allah, beribadah tepat waktu, dan masih banyak lagi deh!! J


“…dan bertaqwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan…”

Nah sekali lagi, Allah menyuruh kita untuk menjadi orang yang bertaqwa. 
Gimana gak perhatian coba, Allah sama kita ?! saking pengennya Allah supaya kita masuk surga, sampai 2 kali Allah menyuruh kita bertaqwa dalam 1 ayat…subhanallah
Ayo berlomba-lombalah kita dalam kebaikan!



Sumber :
Al- Qur’anul Kariim, QS. Al – Hasyr (59) : 18,
Pak Badrudin
~FORISTA 8~
SMAN 8 TANGERANG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar